PEREDAAN PLAK DAN KARANG GIGI

 Perbedaan Plak dan Karang Gigi 



Plak 

Plak adalah lapisan tipis dan lengket (disebut biofilm) pada gigi yang terdiri dar bakteri, sisa-sisa makanan dan kotoran. Biasanya plak akan matang sempurna 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali. Pada tahap awal, plak berwarna transparan dan jika tanpa pembersihan yang optimal plak akan terus menumpuk dan lama-lama dapat berubah warna menjadi putih kekuningan. 

Penumpukan plak yang berlebih berpotensi menyebabkan gigi berlubang. Sedangkan plak yang menempel di gusi dapat menyebabkan gusi bengkak atau radang. Kondisi ini bisa menyebabkan bau mulut karena bakteri di plak menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap.

Karang Gigi 

Karang gigi adalah plak yang menebal dan mengeras, Biasanya karang gigi terakumulasi di atas garis gusi, terutama di bagian dalam dari gigi depan bawah. Karang gigi umumnya brwarna kecoklatan atau bahkan kehitaman. Bila diraba dengan lidah tekstur kaang gigi terasa keras dan kasar. Karang gigi yang dbiarkan bertambah banyak lama kelamaan akan membuat tampilan gigi menjadi tidak estetis dan keadaan terparahnya dapat mengikis gigi sehingga menyebabkan gigi goyang.

Cara mengatasi plak dan karang gigi 

1. Menggosok gigi 2x sehari

2. Flossing gigi 

3. Scaling ke dokter gigi 

Komentar