Gigi palsu

  

Bagaimana cara merawat gigi palsu yang tepat dan benar?



Gigi palsu sebagian atau penuh yang dapat dilepas harus membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap bersih, bebas dari noda dan awet. Berikut beberapa cara merawat gigi palsu :

  • Lepas dan bilas gigi palsu setelah makan.  Bersihkan gigi palsu Anda dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa makanan dan partikel lainnya. Anda bisa meletakkan handuk di atas meja atau di bak cuci atau menaruh air di bak cuci agar gigi palsu tidak pecah jika Anda menjatuhkannya.


  • Tangani gigi palsu Anda dengan hati-hati.  Pastikan Anda tidak membengkokkan atau merusak plastik atau penjepit saat membersihkan.
  • Bersihkan gigi dan rongga mulut Anda setelah melepas gigi palsu.                              Gunakan sikat gigi berbulu halus pada gigi asli dan kain kasa atau sikat gigi yang lembut untuk membersihkan lidah, pipi, dan langit-langit mulut (langit-langit). Jika digunakan, lepaskan perekat gigi tiruan yang tersisa dari gusi Anda.
  • Sikat gigi palsu Anda setidaknya setiap hari.                                                               Lepas dan bersihkan gigi palsu Anda dengan lembut setiap hari. Rendam dan sikat dengan sikat berbulu halus dan pembersih gigi tiruan non abrasif untuk menghilangkan makanan, plak, dan endapan lainnya. Jika Anda menggunakan perekat gigi tiruan, bersihkan lekukan yang pas dengan gusi Anda untuk menghilangkan sisa perekat. Jangan gunakan pembersih gigi palsu di dalam mulut Anda.

  • Rendam gigi palsu semalaman.      Sebagian besar jenis gigi palsu harus tetap lembap untuk menjaga bentuknya. Tempatkan gigi palsu di dalam air atau larutan rendaman gigi palsu semalaman.

  • Bilas gigi palsu secara menyeluruh sebelum memasukkannya kembali ke dalam mulut Anda, terutama jika menggunakan larutan perendaman gigi palsu.                                                          Larutan ini dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang menyebabkan muntah, nyeri, atau luka bakar jika tertelan.
  • Jadwalkan pemeriksaan gigi secara teratur.                                                       Dokter gigi akan merekomendasikan seberapa sering Anda harus mengunjungi gigi palsu Anda untuk diperiksa dan dibersihkan secara profesional. Dokter gigi dapat membantu memastikan kecocokan yang tepat untuk mencegah selip dan ketidaknyamanan, dan juga memeriksa bagian dalam mulut Anda untuk memastikan kesehatannya.
  • Kontrol ke dokter gigi jika gigi palsu Anda terasa agak longgar.                                Periksa ke dokter gigi segera jika gigi palsu Anda menjadi longgar. Gigi palsu yang longgar dapat menyebabkan iritasi, luka dan infeksi.




Komentar