INDONESIA BEBAS KARIES 2030



Kesehatan gigi sering kali diabaikan oleh masyarakat Indonesia, masalah gigi sering dianggap tidak menyebabkan kematian sehingga tidak menjadi prioritas untuk dijaga kesehatannya. Faktanya masalah pada gigi bisa memengaruhi fungsi organ tubuh yang lain dan mengganggu produktivtas sehari-hari.

Untuk menekan jumlah masalah kesehatan gigi, Kementrian Kesehatan mencanangkan Indonesia Bebas Karies pada tahun 2030 mendatang. Salah satu program yang dijalankan adalah upaya promotif dan preventif yaitu promosi menyikat gigi dengan baik dan benar serta memberdayakan dokter atau terapis kesehatan gigi di Unit Kesehatan Sekolah dan Puskesmas yang tersebar hingga pelosok Indonesia.

Strategi pertama yaitu meningkatkan upaya promotif dan preventif terkait pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Startegi ini menggeser upaya sebelumnya lebih menekankan aspek tindakan (kuratif). Dengan pergeseran ini, penekanan kini lebih berfokus pada aspek pencegahan dan promotif. Edukasi mengenai menyikat gigi dengan baik dan benar serta pemberian fluoride dalam upaya pencegahan karies harus dilakukan. Fluoride memiliki kemampuan luar biasa dalam mencegah terjadinya karies.

Startegi kedua adalah menerapkan teknik perawatan gigi dan mulut yang mudah tetapi dengan teknologi tinggi. Perkembangan teknologi yang signifikan memudahkan masyarakat untuk mempelajari teknik perawatan gigi dan mulut secara mudah 

Strategi terakhir adalah penguatan kapasitas SDM di bidang kedokteran gigi dan Terapis gigi. Seluruh mahasiswa khususnya profesi kedokteran ggi harus dibekali berbagai kompetensi yang dibutuhkan saat terjun ke masyarakat

Komentar